Selasa, 11 Maret 2014

awas banyak akun facebook bule palsu


        Cerita ini dimulai pada akhir bulan Pebruari 2014 tanggalnya saya lupa pastinya antara 24-26 pebruari. Dimana saya menerima permintaan pertemanan dari seseorang  yang saya lupa namanya. Tapi saya masih ingat fotonya memakai seragam tentara dengan latar belakang bendera USA, di dalam identitasnya dia mencantumkan berasal dari cina dan sekarang di di usa. Keterangannya saja membuat saya heran, wajah bule tapi kenapa dari cina. Sekitar jam 3 sore yang bersangkutan mengirim pesan ke akun facebook saya.  Tapi pesan itu tidak saya buka, sebab itu jam persiapan mau apel pulang dan setelahnya kegiatan saya adalah menemani si kecil hira sampai hira tidur, baru saya bisa online. Saat saya buka saya kaget, teman yang baru saya terima permintaan pertemanannya ternyata sama  facebook sudah dinyatakan sebgai spam atau melanggar. Maka saya kemudian mencari tau di pusat  bantuan facebook, kenapa sebuah akun dinilai melanggar atau dianggap sebagai spam. Sebagaimana di jelaskan dalam pusat bantuan facebook, Spam antara lain telah menghubungi orang secara berulang-ulang dengan konten atau permintaan yang tidak diinginkan. Hal ini mencakup pengiriman pesan massal, mengirim tautan atau gambar di kronologi seseorang secara berlebihan dan mengirim permintaan pertemanan kepada orang yang tidak Anda kenal secara langsung. Spamming melanggar standar komunitas Facebook. Sedangkan sebagai  pengguna kita dilarang memakai data palsu (bisa dilihat di pusat bantuan facebook). jadi saya bisa menyimpulkan orang yang baru berteman dengan saya, bisa jadi dia menggunakan identitas palsu dan ketahuan oleh Facebook.  karena facebook juga punya fasilitas untuk itu.


Kemudian cerita berlanjut di awal maret 2014 ini saya mencoba memakai aplikasi facebooknya nokia dan saya juga 
baru tahu bahwa selain pesan yang selama ini saya lihat ternyata banyak juga pengiriman pesan tapi di folder pesan lain yang selama ini karena tidak ada pemberitahuan tidak pernah saya buka. ternyata saya cukup terkejut karena ada lebih dari 30 pesan yang masuk, setelah saya lihat ada yang sudah ditandai sebagai spam tapi banyak pula yang masih aktif. dan yang lebih herannya lagi hampir 90% pesan tadi dikrim setelah saya mengup date status meninggalnya suami saya. atas saran anak saya, saya coba menjawab pesan mereka untuk membuktikan bahwa dugaan kalau mereka akun palsu. dan wow dalam waktu yang singkat mereka menjawab balik pesan saya. bahasanya sangat manis dan lebay. dari beberapa akun facebook yang saya balas tadi ternyata ada beberapa kesamaannya yaitu :
  1. mereka memasang wajah bule, ada yang mengatakan dari norway, united kingdom, USA dan ada yang mengaku dari skotlandia
  2. mereka gak pernah up date status, paling up date foto. dan kalau dilihat juga aneh sebab orang bulle kok gak punya teman bule karena yang comment dan memberi like 95 persen perempuan asia (yang mungkin sudah digombali). 
  3. kalau pake seragam tentara dan ngaku tentara biasanya ngaku lagi tugas di afganistan, apakah itu di kabul atau daerah lainnya seperti herat. dan herannya (untuk kesekian kalinya) mau dari UK atau dari USA, mereka mengatakan dari  3rd Infantry division
  4. Jarang yang meminta pertemanan, biasanya mereka kirim pesan saja.
  5. Antara foto dan pernyataannya biasanya  berbeda. dan kalau dicermati kata-katanya banyak yang bertentangan.
  6. Fotonya tertulis lebih dari satu bahkan ada yang ratusan tapi setelah dicek ya cuma foto itu doang.
  7. Statusnya perkawinannya biasanya menantang misalnya kalau perempuan dia tulis janda kalau laki-laki dia nulis duda  
kalau anda mendapat permintaan pertemanan atau pesan dari orang yang akunnya seperti di atas, tolong diabaikan saja. kalau sudah terlanjur mengobrol dan  mereka mulai marayu langsung saya laporkan ke facebook melalui klik tindakan. kita tentu tidak mau terbuai rayuan mereka kemudian jadi korban seperti seorang perempuan yang ditipu kawanan penipu dari nigeria somalia lihat  disini /Pacaran-Lewat-Facebook-Tertipu-Rp-178-Miliar }. dan yang saya takutkan mereka bukan saja jaringan penipuan (saya mensinyalir mereka membentuk jaringan penipuan) tapi lebih dari itu yaitu jaringan human traffiking. 
Ya walau pun facebook punya piranti yang bisa mendeteksi hal-hal negative seperti pelecehan, pelacuran dsbnya, kemudian memblokirnya, tapi kita gak tau sampai kapan facebook memblokir mereka, dan mungkin  sudah banyak perempuan lain yang jadi korbannya. ada beberapa nama yang sudah saya laporkan sebagai nama palsu tetapi sampai sekarang masih eksis, bahkan ada yang pernah dinyatakan sebagai spam ternyata beberapa minggu eksis lagi. Tapi yang saya laporkan sebagai pelecehan karena dia menulis kata yang menurut saya sudah melecehkan saya, tidak sampai 5 menit, kita sudah tidak terhubung dengan akun tersebut, akun yang saat itu menggunakan  nama reynolds abdul langsung terhapus dengan sendirinya di facebook saya dan mudah-mudahan sudah diblokir sama facebook bukan hanya dengan saya tapi dengan semua pengguna facebook. dan setelah beberapa kali saya melaporkan mereka ke facebook, alhamdulillah sudah tidak ada yang berani kirim permintaan pertemanan ataupun sekedar kirim pesan.   jadi saya perlu memberi saran kepada semua perempuan agar :
  1. Tidak segan-segan melaporkan kepada facebook (coba klik pada tulisan tindakan  pada urutan terbawah kita bisa laporkan dan ikuti langkah selanjutnya) apabila kita merasa bahwa teman asing kita berkata  atau memberi gambar yang bisa kita anggap melecehkan kita.
  2. Jangan memakai perasaan, logika/ akal  kita harus jalan. Karena semua yang saya anggap palsu tadi setelah saya baca pesannya pada pinter merayu, jangan sampai terkena rayuan gombal.
  3. Kalau perlu tidak usah melayani mereka baik itu pesan atau bahkan permintaan pertemanan, ini langkah paling aman.
Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat.
Catatan : ternyata akun fb abal-abal tidak hanya berprofil bule tetapi ada juga yang orang asia, jadi kalau profilnya seperti tulisan saya abaikan saja
Tambahan catatan : saya baru tahu bahwa USA Army melalui komandannya Ray Odierno  juga tahu banyak orang yang mengaku sebagai  tentara USA, dan dia memberi tip di akun fb nya  bisa dilihat disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar