Rabu, 02 Juli 2014

Akun bule palsu (part 2)



Beberapa bulan ini saya diuji oleh tulisan saya sendiri yang terkait dengan akun facebook bule palsu. Kenapa diuji karena beberapa bulan belakangan ini saya menerima setidaknya 4-5 permintaan pertemanan dengan wajah bule dalam profilnya dan 1 0rang dengan wajah arab. Tidak ada perasaan apapun saat saya menerima permintaan pertemanan mereka kecuali penasaran maunya mereka apa, sebab saya menganggap  suspect akun bule palsu. Seperti mereka yang akhirnya menjadi spam, kata-kata mereka cenderung lebay, bombastis, n sok romantis, coba lihat screen shot saya ini
 


Karena mereka menjadi teman fb saya, sehingga ketika saya online, mereka langsung mengajak chatting. Dan seperti yang ada di screenshot, kalau kita pakai hati tentu sudah terkiwir-kiwir dan kemudian jatuh hati,  ini bahaya! Tapi karena chatt akhirnya saya tahu ada penulisan yang tidak biasanya, seperti i am mereka tulis dengan AM saja, mereka menulis NO untuk kata KNOW, saya memang tidak mahir bahasa inggris, tapi kalau tulisan seperti itu tentu saya juga sedikit mengerti, dan ada banyak tulisan yang menurut saya tidak biasa ditulis oleh orang yang biasa berbahasa inggris, lihat screenshot di bawah ini
 
Dan seperti biasanya mereka pasti minta nomor hp. Alamat email bahkan alamat rumah kita, banyak cara mereka minta no hp dan alamat, setelah mereka tidak saya beri, mereka cerdik juga dengan mengatakan akan mengirim hadiah (gift) kepada kita sehingga mereka butuh alamat dan nomor hp untuk dihubungi bila hadiah sudah datang. Karena saya  takut berakibat kriminal, saya tidak berani mencoba memberikan alamat walau hanya alamat dan no telp kantor, memang sih ada sebersit rencana gimana kalau saya beri alamat kantor dan no telp kantor, lalu saat dibilangin barang sudah dikirim kita hubungin polisi, tapi saya tidak cukup beranii mengambil resiko.
Tapi yang perlu diketahui mereka orientasinya kebanyakan uang, ada banyak alasan di mereka seperti anak yang sakit dan perlu operasi, anak yang minta uang dlll alasan mereka pinjam uang juga gak masuk akal, masak tentara yang lagi dinas di afganishtan duit 1000 dolar US gak punya, dan ayang gak masuk akal lagi masak bisa membangun RS di pphilipina tapi gak bisa buat bayar operasi anaknya. mereka  menakuti kita  dengan kalau kita tidak membantu maka anaknya akan bunuh diri, atau dianya yang bunuh diri, saya bukan tidak care dengan persoalan bunuh diri, tapi saya tahu mereka hanya mengancam kita dengan hal-hal yang sensitif seperti itu.  masak hanya karena kita tidak memberi no hp, mereka ngancam bunuh diri, terlalu lebay (sudah lebay terlalu pula he...he...)
 
Dari beberapa teman FB yang suspect bule palsu itu memang ada beberapa yang saya blokir sebab sudah mengganggu saya, sedangkan beberapa lagi masih dalam pertimbangan untuk di blokir, sebab walau ngondok gak ngajak chatting lagi karena saya gak mau memberi alamat dan nomor hp, mereka saya lihat masih sering online, dan saya takut ada temen saya yang menerima permintaan pertemanan hanya karena dia temen saya.
Jadi, Kalau kita dapat permintaan pertemanan dari akun yang suspect bule palsu,  seperti yang ada di tulisan saya terdahulu, kalau bisa abaikan permintaan pertemanan itu atau kalau pingin coba ngetes, beberapa hal yang harus di jadikan pedoman :
  1. Jangan memakai hati
  2. Tetap berhati hati  
  3. Jangan diberi nomor hp apalagi alamat pribadi
  4.  Jangan bertemu secara pribadi
ciri-ciri akun bule palsu ada disini
semoga tulisan invertigasi ini (ceilaaa investigasi)  bisa memberi manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar